Close

March 23, 2021

Telaah Visi Misi Program Studi Teknik Geologi di Era Disruptif Pendidikan 4.0

Laporan Humas- Kegiatan FGD pada Sabtu 23 Januari 2021 dilatarbelakangi oleh perubahan Standart Nasional Pendidikan Tinggi dari Permenristekdikti No 49 tahun 2014 menjadi Permenristekdikti No 44 tahun 2015, dan terakhir pada Permendikbud No 3 tahun 2020 seiring dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Guna mendukung jalannya FGD Program Studi Teknik Geologi mengundang perwakilan dari berbagai profesi Akademisi, Asosiasi Program Studi, Pelaku Usaha/companny, Pemerentahan, Mahasiswa dan Alumni.
Pembukaan acara oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Eng. Muslim., MT dan diteruskan sesi pemaparan dan edukasi steakholder oleh Adi Suryadi ., M.Sc. selaku Ketua Tim Peninjauan Visi Misi dan Pengembangan Kurikulum periode 2020/2021 melalui SK Dekan Fakultas Teknik No: 00001/KPTS/FT -UIR/2021. Sedangkan pada sesi acara inti dipandu oleh dan sekaligus Ketua Program Studi Teknik Geologi , Budi Prayitno., MT. Pada bagian penutup dilakukan pengisian kuisioner oleh steakholder sebagai bentuk evaluasi dan masukkan demi terwujudnya visi misi dan pengembangan kurikulum yang mengedepankan fleksibilitas-kemerdekaan belajar terarah. Adapun perwakilan undangan dari akademisi Prof. Benyamin Sapiie., Ph.D. dan Dr. Salahuddin Husein., Ph.D., Ketua Asosiasi Program Studi Teknik Geologi, Dr. Muhammad Burhanuddin Nur., Ph.D. DESM; Muhammad Ridwan., ST., PT. Chevron Pasific Indonesia; Budi Setiawan., PT. Bumi Siak Pusako; Dudi Lestawan dan PT. SPR Langgak; Muhammad Habibi., MT dan beberapa perwakilan Alumni
Peninjauan Visi Misi dan Kurikulum Program Studi Teknik Geologi Universitas Islam Riau juga didasarkan pada masa berlaku kurikulum Program Studi Teknik Geologi No; 349/UIR/KPTS/2015 dimana ketentuan tentang peninjauan dan pengembangan kurikulum dilakukan sekurang kurangnya 4 sampai 5 tahun.
Adanya gap antara industri sebagai pengguna teknologi paling pertama dari disrupsi teknologi informasi dengan universitas sebagai pemangku tanggungjawab visi misi dan pengembangan kurikulum, menjadi perhatian serius untuk mendapatkan solusi secara tepat melalui kolaborasi serta komunikasi intensif guna mempersempit kesenjangan yang terjadi. Kenyataan dilapangan saat ini, banyak industri telah melakukan pencarian lapangan pada prospek deep lacustrine yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan pendukung utama pada literasi deep learning dan mechine learning . Dilain pihak program studi sebagai unit yang paling menentukan tingkat efesiensi kurikulm harus berani melakukan pengembangan kurikulum secara fleksibel/trans dan multi disiplin, radikal tanpa mengurangi esensi pengetahuan dasar geologi (basic knowledge geology) sebagai pondasi keilmuannya. Permasalahan pada bagian unit terkecil, ketika melakukan pengembangan kurikulum dihadapkan pada sistim yang tidak support/ mendukung. Semestinya pengembangan kurikulum tidak dikerdilkan oleh sistim internal dan external sehingga kurikulum diharapkan dapat menjangkau pendidikan, seni dan budaya dalam konteks keilmuan dan teknologi yang dibutuhkan masyarakat.
Sedangkan kebutuhan professional sebagai saintis, engineer geology dan enterprenuership berdasarkan kebutuhan pengembangan Provinsi Riau dinilai masih sangat tinggi. “Provinsi Riau masih banyak membutuhkan professional muda yang dapat menyelesaikan sekaligus memberikan solusi tepat terhadap permasalahan pembanguan Riau kedepan mengingat ke-unikan letak geografis dan sumberdaya alam yang dimiliki”. Ucap Muhammad Ridwan., ST.
Sebagai penutup Ketua Program Studi Teknik Geologi mengucapkan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada para undangan yang telah hadir dalam rangka peninjauan visi misi dan pengembangan kurikulum. “terimakasih disampaikan kepada bapak dan ibu serta undangan yang telah hadir dalam kegiatan FGD ini, mudah mudahan apa yang menjadi harapan kita bersama dapat di ridhoi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala”. Amin Ya Rabbal Alamin. Selajutnya kegiatan FGD diakhiri sesi foto bersama.

One Comment on “Telaah Visi Misi Program Studi Teknik Geologi di Era Disruptif Pendidikan 4.0

budiprayitno
March 25, 2021 at 2:20 pm

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

id_IDIndonesian